Pupuk atau Tanah.

Pupuk dan tanah sebagai media tumbuh berbagai komoditas pertanian bagi setiap petani adalah dua unsur paling penting saat ini khususnya di Indonesia. Kalau boleh memilih tentu para petani itu akan lebih senang mendapatkan lahan pertanian yang subur tanpa harus menggunakan pupuk mengingat harganya yang kian hari tambah tinggi.
Akan tetapi kondisi yang terjadi saat ini tidaklah sesuai dengan apa yang di harapkan para petani itu dimana untuk menanam komoditi pertanian apapun diatas lahannya, maka petani itu terpaksa dan harus menggunakan pupuk dengan harapan agar hasil panen yang di peroleh kelak menjadi lebih banyak. Ketergantungan petani akan pemakaian pupuk tak lagi bisa di hindari mengingat semakin menurunnya kualitas kesuburan tanah karena berbagai faktor misalnya akibat pemakaian pupuk itu sendiri yang sudah sangat lama sehingga meninggalkan residu kimia yang merusak kemurnian tanah. Faktor lain adalah akibat pemakaian pestisida pembunuh hama yang cenderung pula berlebihan dan membawa akibat yang kurang lebih sama terhadap kesuburan tanah.
Akibatnya petani akan mengeluarkan biaya yang makin besar setiap kali datang musim tanam, sedangkan hasil panen yang di harapkan nanti belum tentu sesuai dengan apa yang di harapkan sebelumnya.
Untuk mengatasi hal ini dan demi kesejahteraan hidup petani maka sebaiknya setiap petani kembali bertani dengan cara organik dengan mengandalkan pupuk alam dan pestisida alam pula. Dengan cara ini akan dihasilkan produk pertanian yang sehat dan tanah pertanian yang sehat pula.
Setiap petani haruslah kembali mengarahkan perhatiannya pada lahan pertaniannya sendiri dan mengurangi ketergantungan pada pupuk kimia dan pestisida kimia karena sudah terbukti merusak tanah dan menghasilkan komoditas hasil panen yang terpapar bahan kimia.
Semua tindakan yang lebih memperhatikan pentingnya kesehatan tanah pertanian daripada pemakaian pupuk kimia adalah tindakan memuliakan tanah yang sejalan dengan gerakan pertanian ramah lingkungan. Setiap petani haruslah yakin dan percaya bahwa tanah adalah unsur paling penting dalam kegiatan pertanian. Diatas tanah atau lahan pertanian yang sehat akan dihasilkan produk pertanian yang sehat pula dan agen-agen penyubur tanah yang merupakan sahabat petani dimasa lalu seperti cacing, ular, kodok atau serangga predator bagi hama tanaman lainnya akan kembali muncul di atas lahan pertanian.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Apakah Harus Di Pecut Dulu Agar Kita Sadar.

Kota Yang Terbalik.

Korupsi Di Negeri Agamis.