Benarkah Rokok Berbahaya ?.

Setiap orang apabila di tanya hampir pasti mereka akan mengatakan dengan serempak bahwa merokok adalah kebiasaan yang sangat tidak baik karena berbahaya bagi kesehatan yang bersangkutan. Bahaya merokok tidak saja bagi perokok itu sendiri melainkan juga bagi orang-orang yang kebetulan berada di sekitar perokok itu berada atau yang biasa juga di sebut perokok pasif.
Tetapi apakah benar bahwa rokok adalah satu-satunya unsur yang paling bertanggung jawab terhadap berbagai ragam penyakit yang timbul belakangan ini yang menyerang manusia di mana dari banyak penyakit tersebut sebelumnya tidak pernah di kenal oleh dunia medis.
Kebiasaan merokok mungkin sudah di lakukan manusia sejak ratusan tahun yang lalu akan tetapi pada masa itu tak di temukan penyakit aneh seperti yang di alami oleh masyarakat modern sekarang ini dan penyakit yang pada awalnya tak di kenal itu justru muncul setelah manusia menemukan berbagai kemajuan dalam banyak bidang keilmuan.
Sebuah pernyataan yang menyebutkan bahwa suatu penyakit sesungguhnya bermula dari makanan yang masuk ke dalam tubuh manusia barangkali dapat di jadikan semacam koreksi bahwa rokok tampaknya bukanlah penyebab langsung dari satu penyakit, apalagi kalau kita melihat fakta yang terjadi di sekitar kita bahwa  sebagian penderita penyakit berat yang tengah di rawat di rumah sakit itu ternyata ada yang samasekali bukan perokok.
Patut di duga bahwa sumber dari berbagai penyakit yang sekarang timbul menimpa masyarakat adalah dari makanan atau minuman kemasan olahan pabrik hasil industri makanan yang banyak mengandung bahan kimia dengan tujuan untuk memperkaya rasa, penampilan atau usia makanan tersebut agar tahan lama, sedangkan kandungan gizi nya sangat di ragu kan. 
Masyarakat modern terutama yang tinggal di perkotaan agaknya sudah mulai meninggalkan kebiasaan mengkonsumsi makanan sehat non kimiawi seperti masakan rumahan karena di nilai tidak praktis, sebaliknya mereka sangat antusias menyambut setiap makanan atau minuman kemasan hasil industri yang banyak mengandung bahan kimia itu karena lebih menarik dan lebih memiliki gengsi dan mengabaikan resiko yang bersembunyi di dalamnya.
Itulah sebabnya mengapa banyak industri makanan yang bermunculan dan dalam waktu singkat tumbuh menjadi industri raksasa yang memiliki kapital besar untuk menekan kelompok lain yang mencoba mengganggu kelangsungan usaha mereka.
Satu hal yang membuat kita khawatir adalah ketika industri rokok seolah-olah di jadikan kambing hitam dan di tuding sebagai penyebab timbulnya beragam penyakit pada manusia belakangan ini, atau untuk menutupi fakta yang sebenarnya tentang sebab-sebab timbulnya suatu penyakit atau dengan kata lain rokok seolah-olah dipaksa pada posisi sebagai penutup dosa yang di perbuat oleh industri makanan. Akibatnya masyarakat menjadi tak kunjung menyadari atau waspada terhadap faktor lain yang tak kalah bahayanya yang akan mengancam kesehatan mereka.
Merokok memang tak baik bagi kesehatan siapa pun akan tetapi akan lebih bijak kiranya bila masyarakat senantiasa di ingatkan bahwa ada unsur lain yang juga berbahaya selain rokok yaitu makanan dan minuman kemasan hasil olahan industri yang banyak di konsumsi oleh masyarakat modern sekarang ini.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Apakah Harus Di Pecut Dulu Agar Kita Sadar.

Kota Yang Terbalik.

Korupsi Di Negeri Agamis.