Nyepi Untuk Terapi Bathin.

Pada hari ini saudara kita yang beragama Hindu tengah melaksanakan Catur Brata Nyepi dengan Amati Geni, Amati Lelungan, Amati Karya, dan Amati Lelanguan yaitu sebuah bentuk larangan terhadap diri sendiri untuk tidak menyalakan Api atau Lampu, tidak berpergian dan tidak bekerja atau melakukan aktifitas harian seperti biasa serta tidak mendengarkan hiburan.
Penekanan paling pokok dari Catur Brata ini ada pada kesadaran diri sendiri untuk melakukannya dengan penuh keikhlasan tanpa ada tekanan dari pihak mana pun sehingga hasil yang di peroleh pun menjadi sempurna.
Nyepi adalah salah satu rangkaian dari perayaan Tahun Baru Saka yang di wujudkan dalam bentuk kesunyian dan kegelapan sebagai sebuah perlambang bahwa sesuatu yang baru dalam kehidupan manusia senantiasa dimulai dari kesunyian dan kegelapan di mana pada saat itu semua ummat Hindu berupaya meng kosong kan bathin untuk melakukan koreksi atas apa yang selama ini telah di perbuat dan merencanakan sesuatu yang lebih baik esok harinya seraya memohon ampunan dan petunjuk dari Yang Maha Kuasa.
Sebagai seseorang yang bukan penganut Hindu saya melihat bahwa kegiatan Nyepi ini sangat baik bagi pengobatan bathin karena kita sepenuhnya sadar betapa sibuk dan rakus nya kita mengejar ambisi duniawi. Berhenti sejenak adalah cara terbaik untuk kembali menengok ke belakang untuk memeriksa semua kekhilafan kita selama ini baik terhadap sesama manusia apalagi kesalahan kepada Tuhan. Pada kesempatan Nyepi ini hubungan dengan sesama manusia dan dengan Tuhan Yang Maha Kuasa dapat kembali di perbaiki.
Selamat Hari Raya Nyepi Saudaraku.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Apakah Harus Di Pecut Dulu Agar Kita Sadar.

Kota Yang Terbalik.

Korupsi Di Negeri Agamis.